Kesehatan mata memang menjadi salah satu hal yang paling utama untuk kalian jaga. Jika kalian sedikit lalai, pastinya kalian akan terjebak oleh penyakit mata yang tidak enak sama sekali. Kebanyakan dari mereka termasuk saya sendiri menderita mata minus. Dan jujur, ini benar-benar enggak enak guys. Jika saya tidak memakai kacamata, maka otomatis saya tidak bisa melihat benda dalam jarak terdekat sekalipun itu. Namun ini masih tahap wajar. Ketika kalian masuk ke dalam rumah sakit mata maka kalian akan menemukan berbagai macam keluhan dari pasien yang menderita penyakit mata tersebut. Termasuk pasien yang menderita penyakit Kanker Mata

perbedaan posisi mata sehat dengan mata yang sudah terkena kanker atau tumor

Penyakit dari Kanker Mata ini sendiri adalah sebuah penyakit dimana adanya sel-sel pada organ mata atau jaringan yang ada disekitarnya ikut tumbuh dengan sangat cepat, tidak bisa terkendali, memiliki sifat yang ganas, hingga bisa menyebar begitu saja ke bagian tubuh yang lainnya. Sewaktu sel-sel kanker ini tumbuh, barulah semua sel-sel normal yang ada di sekitar menjadi rusak seketika. Kanker Mata memang menjadi penyakit yang jarang sekali terjadi. Namun, dapat terjadi pada 3 bagian utama di dalam mata yakni : (1) Bola Mata, (2) Orbita, (3) Aksesoris Mata. 

Kanker mata ini sendiri berasal langsung dari sel-sel mata yang terkena kanker tersebut atau juga berasal langsung dari bagian tubuh yang lainnya dan langsung menyebar ke bagian mata. Jika kanker mata ini berasal langsung dari mata, maka disebut dengan Kanker Mata Primer. Sedangkan Kanker Mata dari organ lainnya maka disebut dengan Mata Sekunder. Mari kita telisik jenis-jenis Kanker mata yang bisa kalian ketahui di bawah ini. 

Jenis-Jenis Kanker Mata yang Wajib Diketahui 

Ternyata, Kanker Mata memiliki berbagai macam jenis yang bisa kalian lihat dari jaringan asalnya. Dari sini, kalian bisa melihat Kanker Mata menjadi beberapa jenis bagian seperti : 

1. Jenis Melanoma Intraokular 

Untuk Kanker Mata Jenis ini sendiri sudah paling sering terjadi. Jenis dari Melanoma bisa berkembang dari sel-sel penghasil pigmen atau zat warna yang mana terletak langsung pada jaringan Uvea. Munculnya seringkali di Koroid, dan terkadang bisa timbul pada jaringan iris. 

2. Jenis Limfoma Intraokular 

Untuk Kanker Mata Jenis ini sendiri langsung saja berasal dari sel kelenjar  getah bening yang ada di dalam mata. Untuk Kanker yang satu ini masuk ke dalam golongan Limfoma non Hodgkin. Untuk penderita yang terkena penyakit ini biasanya menyebabkan lemah pada sistem imun yakni HIV AIDS. Limfoma Intraokular muncul secara bersamaan pada sistem saraf pusat yang langsung dinamakan dengan PCNSL. 

3. Jenis Retinoblastoma

Kanker mata ini biasanya terjadi pada anak-anak. Hal ini bisa terjadi akibat adanya mutasi gen pada retina yang mampu menyebabkan sel-sel retina ini membelah dengan sangat cepat dan bisa menyebar ke jaringan mata dan juga bagian tubuh lainnya. Penyakit ini bisa saja terjadi pada satu mata ataupun pada kedua mata sekaligus. 

Jenis Kanker pada Jaringan Orbita dan Aksesoris Mata 

-> Kanker pada Kelopak Mata : dimana ini menjadi varian dari Kanker Kulit layaknya Karsinoma sel basal ataupun skuamosa. 

-> Kanker pada Orbita : kanker ini terjadi pada bagian otot penggerak bola mata dan juga jaringan ikat yang ada di sekitar bola mata. 

-> Kanker pada Melanoma Konjungtiva : kanker yang terjadi pada bagian membran konjungtiva yang mana langsung melapisi bagian kelopak mata dan juga bola mata. Umumnya si Kanker ini terlihat layaknya noda hitam di daerah mata si penderitanya. 

-> Kanker pada Kelenjar Air Mata : kanker ini langsung saja memiliki asal dari sel-sel kelenjar yang mampu menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. 

Apa yang Menyebabkan Kanker Mata ini timbul ? 

Penyebabnya secara pasti belum bisa diketahui, namun hal ini diduga kuat dari adanya mutasi gen pada jaringan mata. Terutama sekali pada gen yang mengatur pertumbuhan sel tersebut. Walau belum diketahui dengan sangat jelas apa penyebabnya, namun ada beberapa faktor yang mampu meningkatkan resiko terjadinya Kanker Mata ini seperti : 

  1. Memiliki batasan usia diatas 50 tahun
  2. Memiliki kulit yang putih
  3. Warna mata yang dimiliki cerah ( berwarna biru atau hijau )
  4. Turunan keluarga yang memiliki riwayat Melanoma Intraokular
  5. Terdapat kelainan tertentu seperti halnya banyak sekali tahi lalat ataupun bercak hitam pada bagian mata. 

Dari beberapa penelitian yang ada juga sudah menyatakan penyebab kanker mata ini dari : paparan Zat Kimia yang memang berbahaya, lalu paparan cahaya matahari, atau juga adanya paparan lampu ultraviolet yang berkaitan langsung dengan aktivitas mata. Ada juga beberapa pekerjaan layaknya tukang las, yang mana diduga kuat bisa meningkatkan resiko seseorang bisa terkena melanoma. 

Gejala Munculnya Kanker pada Bagian Mata 

Untuk gejala dari penyakit Kanker Mata ini sebetulnya berbeda-beda, semuanya tergantung dari jenis kanker apa yang diderita oleh orang tersebut. Gejala yang didapat ini mampu menyerupai gejala dari kondisi ataupun penyakit mata yang lainnya. Namun terkadang Kanker Mata juga bisa saja tidak menimbulkan adanya gejala apapun itu di awal-awal orang ini menderitanya. 

Umumnya bisa kalian ketahui, gejala dari Kanker Mata seperti : 

1. Memiliki bintik gelap yang terdapat pada bagian iris mata.

2. Gangguan terhadap penglihatan.

3. Mengalami penyempitan lapang pandang.

4. Saat melihat benda yang ada di sekitar penderita jadi terbang-terbang, garis-garis atau bintik-bintik menjadi salah satu pertanda. 

5. Sekilas melihat adanya kilatan-kilatan cahaya.

6. Terdapat perubahan ukuran serta bentuk pupil.

7. Juling.

8. Pada salah satu mata ( Kanan atau Kiri ) akan terlihat jauh lebih menonjol.

9. Muncul sudah benjolan pada permukaan mata, pada bagian kelopak mata atau daerah yang ada di sekitar mata. 

10.  Memiliki rasa nyeri pada bagian mata.

11. Mata Merah atau terlihat seperti iritasi. 

12. Konjungtivitis yang mana ini adalah mata merah yang berakibat pada bagian selaput yang langsung melapisi bagian permukaan bola mata dan juga kelopak mata di bagian dalam. 

Jadi kami sangat menyarankan ke kalian semua untuk sering-sering melakukan pemeriksaan mata ke dokter mata. Hal ini agar bisa mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan , tak akan mungkin kalian alami.

Pengobatan Kanker Mata yang Harus Terjalani 

Peluang kalian untuk bisa mendapatkan kesembuhan tentunya dengan cara melakukan pengobatan. Dari pengobatan ini, dinilai bisa mempertahankan fungsi pada mata, lalu dapat mencegah terjadinya penyebaran pada sel kanker ke bagian tubuh yang lainnya dan juga mencegah kekambuhan setelah adanya pengobatan ini. 

# Bisa dengan melakukan Operasi

# Bisa dengan melakukan Radioterapi

# Bisa dengan Terapi Laser

# Bisa dengan Kemoterapi

# Bisa dengan Obat-obatan

# Bisa dengan Krioterapi

Semua metode ini bisa dijalankan sesuai dengan konsultasi dokter kalian sebelumnya ya guys. Jaga selalu mata yang kalian miliki agar nantinya, tidak membuat orang-orang disekitar kalian sedih karena kalian sakit ^-^..