Katarak adalah salah satu penyakit mata, namun masyarakat umumnya mengenal penyakit ini sebagai salah satu penyakit yang berakibat karena seseorang sudah lanjut usia. Kebanyakan orang juga menganggap katarak sendiri adalah penyakit yang menyerang orang-orang yang biasanya sudah lanjut usia. Maka dari itu, banyak sekali orang-orang yang tidak menghiraukan tentang penyebab penyakit ini. Banyak juga yang tidak mengetahui tentang pemicu penyakit ini tidak sedikit juga orang yang menghiraukan beberapa hal sebagai salah satu penyebab pemicunya penyakit ini. Penyakit katarak sendiri umumnya terjadi karena mata mengalami sebuah kerusakan, hal ini lah yang membuat mata menjadi rusak karena adanya penumpukan atau juga gumpalan protein yang pada akhirnya menghalangi lensa mata. Sehingga, pandangan pada orang yang menderita mata katarak pun menjadi buram dan juga kabur atau terlihat seperti adanya kabut yang menghalangi mata mereka. Pada umumnya, gejala dari penyakit ini muncul pada mereka yang sudah menginjak usia 40 tahun sampai dengan 50 tahun. Namun seiring dengan berjalannya waktu, gangguan pada mata katarak pun umumnya akan menjadi lebih serius kepada orang yang sudah memasuki usia 60 tahun. Jika hal tersebut sudah terjadi di salah satu langkah yang harus  kamu ambil adalah kamu wajib menggunakan tindakan medis yaitu berupa operasi. Lantas jika penyakit ini hanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, kamu juga sebenarnya wajib untuk menjaga kesehatan mata di usia muda. Sebab indra penglihatan adalah salah satu yang terpenting. mengingat sekarang ini di kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dengan smartphone dan jug gadget yang sebenarnya sangat merusak mata. Sebab, pada dasarnya umumnya memang gejala katarak dapat muncul, saat menginjak usia 30 tahun. Kondisi katarka yang muncul di usia mudah ini sebagai salah satu istilah dari  Lantas, karena biasanya penyakit tersebut terjadi pada usia tua, kamu juga wajib untuk menjaga kesehatan mata sejak usia muda. Sebab, gejala katarak juga dari early onset cataract.

Faktor Penyebab Katarak pada Usia Muda

Lantas apa sajakah faktor yang dapat menyebabkan penyakit katarak di usia muda? Dalam artikel ini akan dibahas apa saja penyebab yang dapat memicu terjadinya mata katarak di usia yang masih mudah, agar nantinya kamu dapat menghindari beberapa hal tersebut. Berikut ulasanya!

Cedera Mata

Apa bilka sebelumnya kamu pernah mengalami cedera mata sebelumnya atau bahkan mengalami sebuah benturan juga trauma fisik disekitar mata dan juga kepala, umumna kamu harus berhati-hati dengan hal ini. Karena kondisi tersebut bisa saja menyebabkan katarak, yang mungkin sekarang belum dirasakan. Biasanya hal ini juga tidak terlalu merasakan sekarang tentang gejalanya namun jika kamu memang pernah mengalami sebuah cedera maka, kamu harus lebih menjaga kesehatan mata karena kamu berisiko untuk dapat terkena katarak. 

Paparan Sinar Matahari

Untuk kamu yang sering terpapar sinar matahari secara langsung hal ini juga sebenarnya dapat meningkatkan sebuah resiko terjadinya katarak di usia muda loh. Sering nya terkena paparan sinar matahari secara langsung juga dapat meningkatkan risiko kamu untuk terkena katarak di usia muda. Selain itu, juga paparan radiasi dari gelombang radar atau juga elektromagnetik dalam jangka panjang juga nantinya akan dapat menyebabkan munculnya katarak. Sebuah studi pernah menunjukkan bahwa para pilot yang bertugas untuk mengoperasikan pesawat komersial memiliki kesempatan  atau mempunyai resiko 3 kali lipat lebih besar untuk menderita katarak di usia muda. Kondisi ini dilatarbelakangi oleh paparan sinar matahari dan juga radiasi yang terlalu sering mereka alami saat mereka bekerja sebagai seorang pilot.

Pengidap Diabetes

Apabila pada saat usia muda kamu juga sudah mengidap diabetes atau menjadi salah satu turunan yang memiliki diabetes dan disertai juga dengan darah tinggi, maka kamu memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk mengidap katarak. Jika nantinya hal ini tidak kamu tangani dengan baik, area mata  nantinya akan menjadi rawan terserang katarak. Jika anda juga salah satu orang yang menjadi salah satu keturunan  dari penderita diabetes maka resiko anda juga untuk menderita katarak juga lebih besar. 

Faktor Genetik

Apabila pada salah satu atau bahkan orang tuaku menderita mata katarak, sangat besar juga kemungkinan untuk kamu terkena penyakit ini, dan juga besar kemungkinan akan menyerang kamu juga. Oleh sebab itu, jika kamu sudah mengetahui riwayat genetik orang tua  maka besar kemungkinan juga kamu akan mengidap katarak juga. Maka kamu wajib untuk selalu menjaga kesehatan indra penglihatan agar nantinya tidak mudah terkena penyakit mata seperti katarak. Tidak hanya juga seperti beberapa faktor-faktor di atas, para peneliti juga mulai mencurigai bahwa paparan radiasi dari smartphone, layar komputer, dan bahkan juga televisi yang ternyata juga dapat menjadi salah satu faktor menyebabkan katarak pada usia muda. Namun, saat ini para peneliti juga masih melakukan riset mendalam akan ini. Namun seperti yang kita juga tau bahwa memang berlama lama di layar smartphone dan juga di depan komputer meminang sangat tidak bagus untuk kesehatan mata. 

Gejala Katarak di Usia Muda

Untuk dapat mencegah terjadinya penyakit katarak, kamu juga wajib tahu apa saja gejala yang akan muncul dan juga biasanya hadir tanpa kamu sadari tentang penyakit ini. Nah, berikut ini adalah gejala mata katarak di usia muda :

  • Tidak kuat jika terkena cahaya matahari yang terlalu lama, atau merasakan silau yang berlebih pada saat terkena sinar matahari.
  • Penglihatan umumnya akan merasa jauh lebih kabur dirasakan pada malam hari tiba, umumnya hal ini akan menjadi sangat mengganggu sekali.
  • Pernahkah kamu melihat cahaya yang terang lalu merasakan jika penglihatan yang kamu rasakan kabur, hal itu juga menjadi salah satu hal yang juga harus diwaspadai
  • Pada saat melihat lingkaran-lingkaran cahaya terang, penderita katarkan akan merasakan munculnya lingkarang-lingkaran warna putih pada saat melihat cahaya yang terang
  • Pandangan selain kabur juga berubah menjadi lebih kecoklatan atau kekuningan yang dirasakan penderitanya.
  • Biasanya penderita katarak sendiri akan melihat beberapa warna dengan terlihat menjadi warna yang lebih pucat daripada yang dilihat oleh orang normal. 

Jika beberapa gejala di atas memang sudah kamu rasakan dan muncul, ada sebaiknya kamu segera untuk memeriksakan diri ke dokter. Selain itu juga kamu bisa berkonsultasi langsung untuk dapat mengetahui tindakan apa yang nantinya harus kamu lakukan. Kesehatan mata adalah salah satu hal yang penting karena menyangkut indra penglihatan yang kita miliki. Kita patut menjaga apa yang sudah tuhan berikan kepada kita dengan sebaik mungkin. Jangan sampai karena sebuah keegoisan kita kita sendiri mebfgubakan kesehatan tubuh yang kita miliki. Semoga informasi di atas dapat berguna sampai jumpa.