Halo sobat Ray Ban, balik lagi nih sama kami yang akan membahas kembali mengenai dunia indra penglihatan. Terakhir kali update mengenai info tentang penyakit mata ini sudah cukup lama ya, dan keseringan mengenai indera penglihatan pada manusia. Untuk itu, sesekali kami akan membahas mengenai jenis-jenis penyakit mata, yang harus kalian waspadai jangan sampai menyerang kucing peliharaan tersayang yang kalian miliki. Pada umumnya memang penyakit pada hewan yang menggemaskan ini sangat amat beragam, bisa dimulai dari bagian kepala sampai ke Ekor juga bisa menjadi masalah. Salah satunya yang bisa diawasi adalah penyakit mata pada Kucing. 

Sakit mata yang biasanya diderita memang sangat bervariasi dikarenakan bisa saja terinfeksi bakteri – virus – cacing mata dan lain sebagainya. Ketika nantinya Kucing kalian kedapatan terkena penyakit mata ini, maka kalian harus bisa berkonsultasi dengan dokter untuk bisa mendiagnosa penyakit mata pada kucing kalian sehingga Dokter bisa memberi langsung tindakan klinis yang cukup untuk kucing peliharaan kalian tersebut. Disini juga kita bisa menganggap bahwa mata ini menjadi sebuah elemen vital untuk melibatkan Indera Penglihatan dan juga bisa menyangkut sebuah sensitivitas objek eksternal sehingga cukup umum pada kucing peliharaan kalian tersebut. 

Berikut ini ada sedikit jenis penyakit mata yang bisa kalian pelajari agar kiranya, mampu mewaspadai kucing peliharaan kalian jauh dari terkena penyakit mata yang satu ini. 

Penyakit Mata Painful Eye 

Jadi ini menjadi mata yang menyakitkan. Dimana penyakit kucing dalam bentuk robekan mata yang berlebihan, maka mata akan langsung tampak saja tertutup seolah-olah mereka juga bisa mengantuk dan ketika sudah disentuh di sekitar mata mereka akan langsung sakit dan bisa saja terpeleset saat terkena cahaya. Kemudian dari perilaku kucing akan langsung berubah karena memang bisa menggaruk matanya atau menggosok kedua mata tersebut. Untuk bagian sudut mata di bagian dalam, maka bagian ini akan langsung membentuk kelopak mata tambahan yang langsung saja disebut kelopak mata ke-3 atau pada membran nikatif. Penyebab dari penyakit ini memang pada lesi Kornea seperti halnya Glaukoma dan Uveitis. 

Penyakit Cacing pada Mata Kucing 

Penyakit ini sendiri adalah cacing pada Kucing, dimana tempatnya tidak ada di bagian perut namun adanya di mata. Nama dari penyakit ini sendiri adalah Thelazia Californiensis atau Thelaziasis. Penyakit ini memang mampu menyerang hewan peliharaan lain seperti : Anjing ( Doogy ) – Domba – Kambing ataupun Sapi. tanda ketika kucing peliharaan kalian terinfeksi adalah mata melepaskan air, saluran lakrimal akan langsung saja terlihat belatung puth dan akan sangat sensitif terhadap cahaya. Penyakit ini mampu berkembang menjadi sebuah konjungtivitis. 

√ Mata Kucing Berair? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Perkembangan dari cacing ini sudah dimulai ketika Larva Cacing Thelazia sudah menghuni bagian mata. Kemudian Larva sendiri akan dimakan langsung oleh lalat yang nantinya bisa membuat kucing jauh lebih buruk. Karena dengan makan dengan lalat, disini larva bisa langsung saja berkembang selama 30 hari. Maka disini kalian juga harus sangat berhati-hati dengan kucing kalian sehingga tidak ada lalat yang di dapat menyerang mata kucing tersebut. Untuk pengobatan cacing mata, menggunakan antelmintik dengan adanya injeksi Ivermectin dengan dosis 0,2 mg / kg atas berat badan si kucing selama 2 minggu lamanya. 

Penyakit Mata Kucing “ Radang Konjungtivitis “ 

Penyakit ini langsung menyebabkan adanya Iritasi, dan biasanya memang langsung disebabkan oleh alergi terhadap serbuk sari – rumput – infeksi atau virus – bakteri – jamur dan lain sebagainya. Bagian mata justru mengalami peradangan sklera dan juga kondisi ini disebut mata merah muda. Untuk hal ini memang sangat umum terjadi pada kucing-kucing peliharaan. Tanda yang sering terjadi : ( Kencing Berair – Bengkak – Sakit di Mata dan Terasa Gatal ). Lalu jika penyakit ini emang bisa memicu munculnya bakeri ini umumnya akan muncul buntu atau kotor di mata kucing tersebut. Untuk perawatan yang telah disarankan untuk kucing-kucing ini, maka kalian bisa menggunakan obat tetes mata yang mampu membasmi kuman yang ada. Obat tetes mata yang digunakan perkiraan selama 2 hingga 3 jam. 

Kemudian untuk bisa memberantas bakteri, maka disini kalian perlu sekali menggunakan antibiotik pada kelopak mata namun untuk alergi. Disini kalian bisa saja menggunakan anti inflamasi seperti halnya Hidrokortison. Untuk penyakit ini, dapat menyebabkan borok kornea dan bisa menyebabkan kebutaan pada kucing peliharaan tersebut. Penyakit ini bisa langsung saja terinfeksi jika sudah tergores. 

Penyakit Mata Kucing Feline Herpesvirus 

Nama singkatnya FHV-1, yang mana mampu menginfeksi kucing muda dan akan langsung menghilang pada kemudian muncul saja kembali ketika kucing ini mengalami depresi yang nyata. Kedua mata memiliki pandangan yang cukup jelas dan juga menawan. Kemudian dalam semua kasus, anak-anak kucing ini bisa memiliki bisul bernafas seperti halnya pilek dan kemudian mulut. Untuk orang dewasa, umumnya menyerang mata dan tidak ada yang menyerang saluran udara. Untuk perawatan yang ada, disini kalian bisa menggunakan salep antibiotik untuk bisa mencegah bakteri. Jika tidak adanya tanda-tanda penurunan tersebut. Disini FHV-1 adalah tukak kornea yang memang paling agresif pada kucing peliharaan kalian tersebut. Setiap kucing dengan adanya tukak kornea harus sesegera mungkin diperiksa dan sudah diduga Infeksi FHV-1 dan juga obat dari antivirus harus sesegera mungkin diterapkan. 

Jika sudah terindikasi, maka ini terjadi atas infeksi bakteri sekunder. Jadi disini kalian harus bisa memberikan antibiotik untuk membuat bakteri tersebut. Mengenai bisul mata, hal ini sudah cukup menyakitkan sehingga kucing yang terkena FHV-1 umumnya akan menerima pereda nyeri dalam bentuk dari penghilang rasa sakit oral atau memang bisa untuk disuntikan. Selain ini, kalian juga bisa menggunakan salep Atopik untuk bisa memperlebar mata dan mengurangi rasa sakit yang ada. 

Untuk perawatannya : disini kalian bisa menggunakan Idoxuridine, yang aman agen antivirus biasa saja digunakan untuk kucing. Selain itu, Lisin merupakan Asam Amino yang umumnya akan mengganggu replikasi FHV-1. Disini Lisin bisa memberikan secara oral dan penggunaannya dalam kombinasi dengan idoxuridine sebagai pilihan terapi pertama. Kemudian, jika kombinasi ini tidaklah cukup efektif maka disini kalian juga bisa menggunakan obat lain yang langsung saja direkomendasikan oleh Dokter Hewan dan ahli. 

Penyakit Tumor Mata pada Kucing 

Mengenai tumor kucing, perawatan biasanya dilakukan dalam bentuk ablasi atau operasi. Namun biaya dari operasi tumor sangat amat mahal sehingga metode yang ekonomis tetapi jauh lebih praktis harus bisa ditemukan. Dan pada akhirnya kulit manggis sendiri adalah jawabannya. Tumor Kucing sendiri bisa disebabkan oleh Induk Kucing yang mana telah memakan tikus yang sudah langsung terinfeksi kuman. Kemudian, disini air susu ibu dari indukannya memang akan mengalir ke anak kucing dan terinfeksi. Untuk Tumor biasanya memang tidak akan hilang namun akan tumbuh jauh lebih besar. 

Mengenai perawatan, maka disini kalian juga bisa menggunakan kulit Manggis dengan cara memisahkan kulit dari buahnya. Kemudian bisa langsung memisahkan kulit bagian dalam dan luar. Kemudian kulit bagian dalam dapat saja dikeringkan dalam satu hingga 2 hari dan juga bisa dikeringkan dengan halus dan menjadi bubuk. Jika kalian tidak ingin repot, maka disini kalian juga bisa membeli kulit manggis dalam bentuk kapsul di pusat medis terdekat. Kemudian adanya bubuk kulit manggis dicampur dengan makanan, dan tidak terlalu banyak atau sedikit dengan melakukan terus menerus dan akan langsung berkurang.