Kesehatan pada mata tentunya menjadi sebuah hal yang sangat berpengaruh pada kesehatan fisik secara keseluruhan. Sayangnya, banyak orang yang sering mengabaikan gangguan-gangguan yang sering terjadi pada mata. Sehingga terjadi sebuah keterlambatan deteksi pada masalah kesehatan yang lebih besar.

Permasalahan pada Mata yang Tidak Boleh Diabaikan

Mengetahui sebuah masalah yang ada pada mata lebih awal, nantinya akan dapat berpengaruh pada sebuah kesehatan Anda secara keseluruhan. Bahkan nantinya meskipun Anda secara teratur memeriksakan mata Anda, masalah pada mata nantinya masih bisa terjadi secara tiba-tiba dan kemudian dapat membutuhkan sebuah perhatian khusus, seperti yang juga dikatakan oleh Sayoko Moroi, profesor oftalmologi dan juga ilmu-ilmu visual di Pusat Mata Kellogg Universitas Michigan. Jika nantinya Anda mengalami berbagai macam gejala-gejala yang ada di bawah ini, maka anda perlu segera mengeceknya ke dokter.

Mata sakit atau terasa seperti terbakar

Peradangan atau juga sebuah iritasi adalah penyebab utama dari mata Anda terasa sakit dan seperti terbakar. Kondisi ini dinamakan dengan blepharitis yang disebabkan karena bakteri atau sebuah tungau kecil yang hidup di kelopak mata anda.

Kemungkinan lainnya adalah karena adanya sebuah bintil, infeksi, atau peradangan yang nantinya menyakitkan pada kelenjar minyak dari kelopak mata. Dokter biasanya akan meminta Anda untuk menggunakan kompres untuk dapat mengurangi peradangan tersebut, dan operasi jika memang hal tersebut diperlukan.

Mata kering dan kemerahan

Kemerahan berarti mata Anda tersebut terganggu dan pembuluh darahnya menjadi membesar, dan hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal: sepert zat kimia seperti bawang, atau reaksi dari mata alergi. Penyebab lain yang nantinya juga bisa membuat mata Anda menjadi sangat kering adalah pada saat mata Anda tidak menghasilkan cukup air mata untuk membuat mata tersebut terlumasi dengan baik. Biasanya merekomendasikan dengan menggunakan pelumasan mata atau air mata buatan, tetapi jika itu tidak berhasil sebaiknya Anda segera menemui dokter.

Terdapat tahi lalat atau bintik-bintik pada mata

Jika Anda memiliki sebuah daftar s128 tahi lalat atau bintik-bintik yang terdapat pada mata dan itu sebelumnya tidak ada, mungkin Anda perlu untuk segera ke dokter mata. Perhatikan tahi lalat baru Anda tersebut, karena nantinya mereka berpotensi menjadi ganas, atau yang disebut dengan melanoma. Meskipun kasus tersebut sangat langka, namun tetap perlu diawasi. Jika tumor atau melanoma nantinya berkembang di bagian belakang mata, gangguan penglihatan akan segera muncul, mulai dari pandangan yang menjadi kabur bahkan bisa sampai menyebabkan lepasnya retina mata anda.

Penglihatan Anda berbayang

Penglihatan yang berbayang terjadi karena otot-otot mata Anda tidak selaras dengan benar. Hal tersebut tentunya bisa terjadi karena masalah neurologis atau bahkan terjadi dikarenakan tumor otak atau stroke. Jika itu nantinya hanya masalah otot saja, kadang-kadang prisma juga dapat digunakan secara sementara di kacamata. Penggunaan prisma ini nantinya dapat membantu memperbaiki penglihatan Anda dengan membelokkan cahaya. Dan berguna juga untuk dapat menyelaraskan dua gambar menjadi satu. Ada juga pendekatan bedah untuk dpat memperbaiki ketidakselarasan otot.

Diabetes dan retina

Diabetes dapat mempengaruhi penglihatan dengan menyebabkan beberapa penyakit mata serius, seperti katarak, glaukoma, serta merusak pembuluh darah yang ada di dalam mata. Kondisi ini dikenal sebagai “retinopati diabetes.” Retinopati diabetes atau Diabetic retinopathy adalah sebuah komplikasi diabetes yang disebabkan oleh perubahan dalam pembuluh darah yang mengalir ke retina.

Masalah ini tak hanya mengurangi ketajaman penglihatan saja, melainkan juga bisa menyebabkan seseorang nantinya mengalami sebuah kebutaan. Orang yang memiliki diabetes dan tidak berobat memiliki kemungkinan untuk dapat buta 25 kali lipat dibanding dengan populasi umum. Untuk itu, sebaiknya jangan abaikan penyakit mata yang berkaitan dengan diabetes ini.

Ablasi retina

Ablasi retina atau yang disebut juga dengan retina detachment adalah sebuah masalah yang berbahaya bagi mata. Ablasi retina terjadi ketika jaringan yang ada di dalam retina terlepas dari lapisan pembuluh darah yang menyediakan nutrisi dan juga oksigen tidak untuk mata.

Ketika sel kekurangan oksigen, mereka nantinya tak bisa menyusun gambaran dengan jelas. Ablasio retina ini bisa diatasi pada masa-masa awal, namun jika nantinya dibiarkan dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan kebutaan pada mata seseorang. Orang yang mengalami miopi atau rabun jauh juga lebih berisiko terkena ablasi dari retina dibandingkan dengan orang yang bermata normal.

Retinoblastoma

Retinoblastoma adalah sejenis kanker ataupun tumor berbahaya yang ada pada sel retina. Tumor ini seringkali terjadi pada anak yang berusia di bawah enam tahun dan tentunya bisa jadi diturunkan atau tidak diturunkan pada keluarganya. Pada beberapa kasus, retinoblastoma yang hanya terjadi pada satu mata saja, namun juga bisa terjadi pada kedua mata sekaligus, yang disebut dengan nama bilateral retinoblastoma.

Meski begitu, penyakit ini bisa sembuh jika segera ditangani dan mendapat perawatan yang tepat. Jika masalah ini dibiarkan, maka akan dapat terlambat untuk mengobati retinoblastoma ini. Sebaiknya para orang tua juga bisa mewaspadai tanda-tanda retinoblastoma pada anak seperti titik putih yang ada pada pupil, mata merah, dan rasa sakit yang ada pada mata. Semakin cepat diketahui dan diobati maka juga akan semakin baik, karena tumor ini juga bisa menyebar ke organ lainnya seperti paru-paru, jantung, dan lainnya.

Sering sakit kepala

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala, tetapi kesehatan mata tentu juga dapat berkontribusi. Mungkin Anda memiliki ketegangan mata atau memerlukan sebuah resep kacamata baru, atau mungkin ada sesuatu yang lebih serius, seperti perataan mata. Jika seseorang menderita sakit kepala, dokter mata benar-benar merupakan langkah pertama yang bagus untuk mencari tahu apa penyebab dari sakit kepala tersebut.

Melihat bintik-bintik atau sinar

Bintik-bintik ini atau yang disebut oleh dokter dengan nama “floaters” bisa saja bisa menjadi normal namun terkadang bisa anda lihat. Yang perlu dikhawatirkan adalah retina Anda mungkin saja robek, berdarah atau terlepas, yang nantinya akan menyebabkan Anda melihat gumpalan kecil atau lampu berkedip yang nantinya melayang di penglihatan Anda. Jika itu masalahnya maka kami merekomendasikan anda untuk segera menghubungi dokter mata.

Kondisi-kondisi tersebut mudah diperbaiki jika Anda bisa segera mendapatkan perawatan yang tepat, tetapi jika semakin lama membiarkan hal tersebut ada di sana, semakin rumit perawatannya. Retina yang terpisah dianggap sebagai sebuah darurat medis, karena risiko kehilangan penglihatan secara permanen.

Tiba-tiba anda melihat kilatan cahaya, banyak bintik-bintik abu-abu ataupun juga hitam dalam penglihatan Anda. Atau anda melihat adanya bayangan gelap di bidang penglihatan jika hal tersebut terjadi anda bisa langsung mencari perawatan medis di dokter mata.

Demikian itulah beberapa gejala-gejala yang bisa saja timbul dan membahayakan kesehatan mata anda. Gejala-gejala yang terdapat pada mata tentunya tidak boleh anda abaikan. Jika nantinya anda membiarkan gejala tersebut, maka penglihatan dapat terganggu dan kemungkinan terburuk anda mengalami sebuah kebutaan. Penting untuk kita selalu memperhatikan kesehatan mata.