Hayo hayo, siapa nih yang langganan sama mata merah ? pasti banyak yah diantara kalian mendapatkan mata kalian memerah kadang akrena kelilipan sesuatu dan kadang-kadang mengalami merah dengan sendirinya. Hal tersebut secara medis bisa dikatakan bahwa kalian sedang mengalami Iritasi, Reaksi Alergi, atau bisa jadi terdapat Cidera ringan pada mata kalian.  Hal ini lah yang menyebabkan adanya sedikit pembekakan pada pembuluh-pembuluh kecil yang terdapat pada mata kalian dan akhirnya membuat mata kalian memerah begitu saja.

Mata merah yang sering kalian alami memang tidak akan berbahaya. Karena umum sekali kalian mendapatkan mata merah seperti itu. Namun tetap saja kalian akan merasa tidak nyaman dengan adanya mata merah ini. Menggangu aktivitas dan juga membuat kalian merasa seperti ada yang mengganjal pada bagian mata yang kalian miliki.

Maka dari tiu, kita akan berikan beebrapa saran medis ynag bisa kalian gunakan utnuk menyembuhkan mata merah ini.

Mengatasi Mata Merah Dengan Saran Medis

Mengatasai mata merah terkadang kita hanya asal dengan mencucinya menggunakan air jernih saja lalu di lapnya menggunakan handuk kecil. Nah, agar nantinya kalian cepat terbebas dari mata merah itu, kalian bisa dengan melakukan saran medis berikut ini.

Kompres Mata

Sebagaimana kita tahu bahwa mengompres merupakan hal yang sering kali kita lakukan ketika kita sedang menerima sakit. Terutama saat panas, kita akan melakukan jalan alternatif dengan mengompreskan diri kita agar suhu badan kita menurun. Nah, ini pun bisa kalian lakukan dengan cara mengompres mata kalian. Dengan kalian mengompres pada bagian mata, nantinya bisa menyebabkan mata mera itu sendiri menjadi reda.

Kalian hanya perlu membasuh atau mengkompres mata kalian dengan cara membasahi kain katun lembut yang bersih menggunakan air hangat atau bisa juga air dingin.peras air pada kain, kemudian kalian tempelkan pada kelopak mata kalian selama beberapa menit saja.

Menjaga Kebersihan Pada Mata

Selain partikel kotor yang menyebabkan mata kalian merah. Ada juga hal lain yang menyebabkan mata kalian menjadi merah. Nan, agar kalian terhindar dari mata merah, kalian juga harus menjaga kebersihan mata seperti :

  • Tidak adanya riasan mata yang bersifat “Hipoalergenik” atau menyebabkan suatu alergi.
  • Selalu mencuci tangan sesudah atau sebelum beraktivitas dalam hal apapun.
  • Rutinlah selalu dalam mencuci pakaian , handuk, sarung bantal agar selalu bersih.
  • Hindari infeksi dengan cara tidak terlalu sering dalam menyentuh pada area mata.
  • Melakukan madni 2 kali sehari, apalagi saat mata kalian sedang terkena alergi yah.
  • Melindungi Mata Dari Penyebabnya

Cara selanjutnya adalah dengan menghindari penyebab terjadinya mata kalian menjadi merah. Misalnya asaja seperti menghidnari berbagai benda, tempat, atau juga lingkungan sekitar yang bisa menimbulkan iritasi pada bagian mata kalian. Penyebab atau pemicu inilah yang nantinya harus kalian waspadai ( Asap, Polusi, Debu, dan juga Serbuk Sari).

Namun, kemungkinan dengan hal lainlah yang bisa menajdikan mata kalian merah. Sering kali ditemui kasus dengan penggunaan kontak lensa. Dimana dalam hal ini kalian ahrus benar-benar mengerti dan paham sekali tentang cara memakai soflent, cara melepasnya, dan cara merawat soflent itu sendiri. Jangan kalian membiasakan diri menggunakan softlent ini secara berulang dan pada saat mata kalian memerah.

Penggunaan Obat Tetes Mata

Cara yang satu ini pasti akan selalu digunakan oleh setiap orang yang sedang mengalami mata merah. Namun, kalian dalam pemakaian obat tetes mata ini jangan dalam jangka waktu yang panjang yah. Karena, dalam hal ini bisa menyebabkan suatu resiko seperti pembebakaknnya akan semakin parah nantinya.

Disarankan sekali oleh tim medis, kalian menggunakan obat tetes mata jenis ini :

  • Naphazoline : dimana obat ini bersifat “dekongesten”. Dimana berarti bisa mengatasi mata merah akibat adanya reaksi alergi, mata lelah dan juga iritasi.
  • Tetrahydrozoline : obat yang satu ini terbuat dari bahan yang berbeda. Yang memiliki fungsi kurang lebih sama seperti Naphazoline.
  • Ada juga tetes mata yang memiliki sifat seperti air mata buatan.

Sebenarnya cara mengatasi mata merah dengan alami lebih disarankan. Hal ini dikarenakan memiliki resiko atau efek samping yang elbih kecil. Namun, jika terjadi pembekakan yang lama atau mata merah yang lama. Kalian bisa langsung konsultasi ke dokter mata ya guys.